PEMUDA DAMBAAN UMAT ISALAM (tugas AAI)

PEMUDA DAMBAAN UMAT ISALAM


Disusun Oleh:

Nama              : Yudha

NIM                 : D0310065

JURUSAN SOSIOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

2010

PENDAHULUAN

Kata-kata pemuda dalam Alquran diistilahkan dengan fatan, seperti firman Allah SWT pada surah al-Anbiya [21] ayat 60 tentang pemuda Ibrahim. “Mereka berkata, ‘Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim’.” Bentuk jamak dari fatan adalah fityah (pemuda-pemuda), seperti kisah pemuda-pemuda Ashabul Kahfi pada surah al-Kahfi [18] ayat 13. “Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya, mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.”

Dalam hadis, pemuda sering diistilahkan dengan kata-kata syaabun. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhari, disebutkan bahwa di antara tujuh kelompok yang akan mendapatkan naungan Allah SWT pada hari ketika tak ada naungan, selain naungan-Nya, adalah syaabun nasya’a fii ‘ibaadatillaah (pemuda yang tumbuh berkembang dalam pengabdian kepada Allah SWT).
Eksistensi dan peranan pemuda sangat penting. Dalam Alquran ataupun hadis, banyak diungkapkan karakteristik sosok pemuda ideal yang harus dijadikan teladan oleh pemuda yang bercita-cita sebagai orang atau pemimpin sukses.

Pertama
Memiliki keberanian (syaja’ah) dalam menyatakan yang hak (benar) itu hak (benar) dan yang batil (salah) itu batil (salah). Lalu, siap bertanggung jawab serta menanggung risiko ketika mempertahankan keyakinannya. Contohnya adalah pemuda Ibrahim yang menghancurkan berhala-berhala kecil, lalu menggantungkan kapaknya di leher berhala yang paling besar untuk memberikan pelajaran kepada kaumnya bahwa menyembah berhala itu (tuhan selain Allah SWT) sama sekali tidak ada manfaatnya. Kisah keberaniannya dikisahkan dalam surah al-Anbiya [21] ayat 56-70.

Kedua
Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi (curiosity) untuk mencari dan menemukan kebenaran atas dasar ilmu pengetahuan dan keyakinan. Artinya, tidak pernah berhenti dari belajar dan menuntut ilmu pengetahuan (QS al-Baqarah [2]: 260).

Ketiga
Selalu berusaha dan berupaya untuk berkelompok dalam bingkai keyakinan dan kekuatan akidah yang lurus, seperti pemuda-pemuda Ashabul-Kahfi yang dikisahkan Allah SWT pada surah al-Kahfi [18] ayat 13-25. Jadi, berkelompok bukan untuk hura-hura atau sesuatu yang tidak ada manfaatnya.

Keempat
Selalu berusaha untuk menjaga akhlak dan kepribadian sehingga tidak terjerumus pada perbuatan asusila. Hal ini seperti kisah Nabi Yusuf dalam surah Yusuf [12] ayat 22-24. Kelima, memiliki etos kerja dan etos usaha yang tinggi serta tidak pernah menyerah pada rintangan dan hambatan. Hal itu dicontohkah pemuda Muhammad yang menjadikan tantangan sebagai peluang hingga ia menjadi pemuda yang bergelar al-amin (tepercaya) dari masyarakatnya.

PEMBAHASAN

MUSTAFA AL-RAFI’IE menggambarkan masa muda dengan mengatakan bahwa pemuda adalah kekuatan, sebab matahari tidak dapat bersinar di senja hari seterang ketika di waktu pagi. Pada masa muda ada saat ketika mati dianggap sebagai tidur, dan pohon pun berbuah ketika masih muda dan sesudah itu semua pohon tidak lagi menghasilkan apa pun kecuali kayu. (Ashur Ahams; 1978).

Berbicara masalah pemuda, tentunya kita tidak boleh melupakan dari sosok pribadi penyokong dari idealisme pola pikir pemuda itu sendiri. Selain itu, perlu pula pemahaman tentang makna realitas kehidupan bagi mereka.

Pemuda merupakan istilah yang ditunjukkan bagi orang-orang yang berada pada suatu tahap kehidupan tertentu dalam rangka perjalanan kehidupan mereka mencapai makom kedewasaan. Bagi komunitas pemuda, realitas kehidupan yang dihadapinya sehari-hari sering kali dipersepsikan sebagai kenyataan-kenyataan yang membatasi idealisme dan hasrat (bersifat muluk) yang mendominasi pikiran mereka. Berbeda dengan orang dewasa, dimana tipikal orang dewasa cenderung untuk melihat kenyataan itu sebagai bagian dari suatu dunia nyata yang mapan.

Dalam hal ini, perlu disadari bersama bahwa bagi setiap insan kamil. Tahap kedewasaan merupakan tahap kehidupan yang pasti dijalaninya. Yang mana, bila pada tahap muda dapat dicapai afeks pertumbuhan fisikis manusia, maka dalam tahap dewasa terjadi kematangan pertumbuhan psikik manusia. Arti lainnya, kedewasaan seseorang itu minimal harus memenuhi enam syarat, yaitu:

  1. Memiliki kemampuan lebih banyak diam daripada berbicara. Artinya ia memiliki kemampuan mendengar lebih baik. Diamnya orang dewasa itu, semata-mata untuk kebaikan.
  2. Memiliki empati yang tinggi. Yakni memiliki kemampuan melihat sesuatu itu, bukan saja hanya dari sisi pribadinya, tetapi juga dari sisi orang lain.
  3. Bersikap waro. Orang dewasa itu dalam tindakannya selalu ditata dengan hati-hati terhadap segala hal. Apabila kita berperilaku tidak hati-hati, berarti kita sama dengan anak kecil. Lagian, semakin kita ceroboh, maka kita makin tidak dewasa saja.
  4. Seorang dewasa itu harus memiliki sikap amanah. Yakni pribadinya memiliki kemampuan bertanggung jawab. Orang dewasa itu, harus full tanggung jawab. Semakin seseorang tidak tanggung jawab, maka ia adalah seorang pengecut/ munafik, bukan orang dewasa lagi.
  5. Dapat menjadi suritauladan. Seorang dikatakan dewasa, jika ia mampu menjadi suritauladan bagi keluarganya, anak-anaknya, istrinya, dan lingkungan ummatnya.
  6. Bertindak adil. Seorang dikatakan dewasa adalah dilihat dari kemampuan bertindak adil. Tidak berat sebelah dalam suatu keputusan yang diambilnya.

Dari konsep tersebut, kemudian paling tidak akan memunculkan sifat responsif dari pemuda berupa hasrat yang kuat untuk secepatnya mengembangkan kedewasaan dan kematangan psikik mereka. Kemunculan hasrat ini, dikarenakan kesadaran para pemuda bahwa kedewasaan akan memberikan kepada mereka peluang yang lebih besar untuk berkembang dan berkontribusi secara universal kepada bangsa dan negara.

Untuk itu, bulan Oktober merupakan moment yang tepat untuk mengingatkan kembali akan eksistensi dan sikap pemuda yang mesti dimiliki dan dikembangkan dalam rangka menghadapi tantangan dimasa depan. Namun demikian, hendaknya setiap pemuda muslim berhubungan dengan moral, tingkah laku, dan kebijaksanaan yang dituntut dari pemuda muslim yang digariskan dalam Alquran.

Berkait dengan itu, Dr. M. Manzoor Alam (1989: 40-43), menyebutkan ada sifat-sifat dasar yang dituntut dari pemuda Islam itu. Pertama, percaya dan hanya menyembah kepada Allah. Penundukkan diri sepenuhnya, pengikat diri secara total dan penyerahan diri seutuhnya kepada Allah adalah ciri pemuda yang utama. (QS. 17; 23 dan QS. 31: 12-13).

Kedua, baik terhadap orang tua. Islam menekankan pentingnya berbuat baik terhadap orang tua. Hal ini bukanlah demi kepuasan keberadaan sebagaimana yang lazim dalam masyarakat Barat. Tetapi pemuda Islam selalu menyadari kenyataan bahwa berbuat baik terhadap orang tua, memelihara mereka dalam saat yang diperlukan, memohon ampunan Allah bagi mereka, merupakan bagian dari penyembahan kepada Allah Yang Maha Kuasa. (QS. 17: 23).

Ketiga, jujur dan bertanggung jawab. Pemuda Islam hendaknya berikhtiar untuk memanfaatkan karunia atau anugrah yang dilimpahkan kepada mereka seproduktif mungkin. Karunia ini tidak hanya berupa kekayaan, tetapi meliputi pula segala hal seperti kekuasaan dan kedudukan, kesehatan, tindakan, pengetahuan, dll. (QS. 17: 16-17).

Keempat, persaudaran dan kasih sayang. Pemuda Islam hendaknya memiliki sifat mencintai sesamanya dan hendaknya dijiwai oleh semangat berkorban. Mereka hendaknya bagaikan sebuah bangunan yang kekuatannya terletak pada kekompakan dari komponen-komponen yang membentuk bangunan itu. (QS. 49: 10 dan 3: 103).

Kelima, bermusyawarah. Pemuda Islam harus berpegang kepada bermusyawarah dan harus selalu mentaati norma-norma permusyawarahan, seperti diamanatkan dalam Alquran Surat Asy-Syurura (42): 38 dan Ali ‘Imran (3): 159.

Sifat-sifat dasar tersebut mesti di bangun pada tiap-tiap pemuda Islam untuk menjadi sebuah idealismenya. Baru dari komitmen tersebut, akan melahirkan pemuda-pemuda ideal yang diharapkan menjadi generasi Rabbi Rodhiya. Yang mana, generasi Robbi Rodhiya ini setidaknya memiliki parameter-parameter yang bisa kita amati, diantaranya berupa:

a)    Mempunyai keterikatan pada Ilahi. Di dalamnya terhujam rasa cinta yang membara kepada Allah dan melangkahkan kaki sesuai dengan kehendak Allah, sebagai kekasihnya. Satu-satunya alternatif dalam hidupnya adalah untuk mengabdi kepada Allah SWT. (QS. 6: 162 dan QS. 3: 31).

b)    Memiliki keberanian untuk berjihad dengan harta dan jiwa demi tegaknya kalimatullah. (QS. 9: 41).

c)    Berserah diri secara total (kafah) kepada Allah dengan harapan mendapat petunjuk dan keridhoan-Nya. (QS. 2: 128).

d)    Memberikan penghormatan kepada kedua orang tuanya sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan keridhoan Allah. (QS. 17: 23-24 dan QS. 31: 14).

e)    Membina diri untuk selalu menegakkan sholat, berakhlak bijaksana dalam da’wah serta memiliki kesabaran dalam menghadapi cobaan. Dan rendah hati, tidak takabbur, dan tidak ingin pujian serta membantu orang yang lemah dengan harapan mendapat cinta Allah. (QS. 31: 17).

f)     Gandrung akan ilmu pengetahuan, peka terhadap lingkungan, banyak berdzikir dan pandai membaca situasi dan kondisi yang berkembang. (QS. 39:91).

g)    Memiliki perkataan dan tingkah laku yang lemah lembut, sangat kuat pendiriannya terhadap kebenaran, bagaikan bangunan yang berdiri kokoh, sehingga ia tidak takut dan berduka cita. (QS. 46: 13-14).

h)    Gemar membaca Alquran dan menjadikannya sebagai sistem kehidupan. Dengan Alquran ia dapat membedakan antara haq dan bathil, cara berpikir dan bertindaknya didasari pada Alquran dan Sunah Nabi. Ia berusaha untuk menjadi Quran yang hidup dan ia tidak suka kalau hanya bicara tanpa beramal, karena Allah memang tidak suka pada yang demikian. (QS. 2: 44 dan QS 61: 2-3).

PENUTUP

Kesimpulan Dan Saran

Solusinya hanya ada satu yaitu kembali kepada Islam yang kaffah (menyeluruh). Jangan setengah-setengah agar kita menjadi pemuda yang ideal menurut Islam. Islam adalah agama yang amat memuliakan dan memperhatikan pemuda. Dalam al-Quran ada kisah tentang Ashabul Kahfi, cerminan sekelompok pemuda yang beriman dan tegar keimannya kepada Allah Swt. Mereka berani meninggalkan kaumnya yang mayoritas menyimpang dari ajaran Allah Ta’ala dan penguasa dzalim sementara ratusan orang dibinasakan, diceburkan ke dalam parit berisi api yang bergejolak. Sekelompok pemuda itu bersembunyi ke dalam sebuah gua dan Allah Swt. menyelamatkannya dengan menidurkan mereka selama 309 tahun, Subhannallah!
Nah, gimana sih kriteria pemuda Islam yang ideal? dan sifat-sifat dasar yang dituntut dari pemuda Islam? Yuk, ini juga perlu jadi catatan dan tolak ukur buat kita, menurut Dr. M. Manzoor Alam (1989 : 40-43) kriteria dan sifat-sifat dasar tersebut adalah:

Pertama, percaya dan hanya menyembah kepada Allah. Firman Allah Swt. (yang artinya):“Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika ia memberi pelajaran kepada anaknya, “Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman besar.” (QS Luqman [31]: 13)

Kedua, berbuat baik atau berbakti kepada kedua orang tua, Islam menekankan pentingnya berbuat kepada kedua orang tua dan merupakan bagian terhadap penyembahan terhadap Allah Yang Maha Kuasa. Sebagaimana dalam firman Allah Swt. (yang artinya) “Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”. (QS al-Israa [17]: 23)

Ketiga, jujur dan bertanggungjawab, pemuda Islam patutnya berikhtiar untuk memanfaatkan amanah yang berupa kekayaan, kedudukan, kesehatan, tindakan, pengetahuan dan lainya (termasuk dakwah). Firman Allah Swt. (yang artinya): “Dan jika kami hendak membinasakan suatu negeri, Maka kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, Maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan kami), Kemudian kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh Telah kami binasakan. dan cukuplah Tuhanmu Maha mengetahui lagi Maha melihat dosa hamba-hamba-Nya.” (QS al-Israa [17]: 16-17)

Keempat, persaudaraan dan kasih sayang, Pemuda Islam juga harus memiliki sifat kasih sayang antar sesamanya dan hendaknya dibarengi dengan semangat berkorban. Allah Swt. berfirman (yang artinya): “Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS al-Hujuraat [49]: 10)

Kelima, yang terakhir adalah bermusyawarah, setiap individu memiliki perbedaan, agar tidak terjadi perpecahan dan kesalahpahaman dalam bermasyarakat, tentunya pemuda Islam juga harus perpegang teguh pada norma-norma permusyawarahan. Seperti yang telah diamanatkan Allah Swt. (yang artinya): “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepadaNya”. (QS Ali ’Imran [3]: 159)

Daftar Pustaka

Lewis, Bernard (2003). What Went Wrong?: The Clash Between Islam and Modernity in the Middle East (edisi ke-Reprint). Harper Perennial.

Malik, Jamal; John R Hinnells, Inc NetLibrary (2006). Sufism in the West. Routledge.

Tentang kiopo

newbie blogger
Pos ini dipublikasikan di Religion dan tag . Tandai permalink.

55 Balasan ke PEMUDA DAMBAAN UMAT ISALAM (tugas AAI)

  1. resti berkata:

    wahhhh akuu juggga dapet tugas aai tooooo
    anak pr q malah..
    harus buat dewe ya???
    hummmmm
    u ini buat sendiri???

    • yudha berkata:

      aq g buat sendiri resty, aq ngopi, cos waktunj g cukup buat nulis, aq masih ada tugas antropologi, sosiologi, sistem sosial budaya, bahasa indonesia, politik, dan iad, smuanya buat makalah dan paper serta ukd, waktunya g cukup lo cuman 3 hari, jujur aq ngopi dari internet lo yang tugas aai, tapi yang lain TIDAK…

  2. mylovemydolpin berkata:

    waaaaaaaaaaaaaaaa q tau jawabannyaa…
    hahahahahaahahaha
    ternyata sama kek yang disini🙂

  3. Hi this post is funny and good. Can you comment me any related articles?

  4. koplo berkata:

    makasih bang,post anda sangat membantu saya ngerjain tugas hahaha..
    piss bos😀

  5. Pornokontac berkata:

    Спасибо понравилось ! Thanks !

  6. Фильмы berkata:

    Фоток бы ещё🙂 Или видео материала

  7. Наш сайт http://sexnoch.ru/ приглашает посетить вас его и посмотреть на молоденьких горячих девочек.

  8. Реферат berkata:

    ваш сайт yudha.blog.fisip.uns.ac.id супер
    Удачи вам! Я думаю у вас все получится

    английские тексты песен
    тексты песен

  9. Shoked berkata:

    Пасибо за материалы!🙂
    Respect yudha.blog.fisip.uns.ac.id

  10. divx berkata:

    Ребят всех с наступающим !

    Рефераты

  11. Бизнес berkata:

    Спасибо……

    Кино

  12. Актер berkata:

    Рад что нет всяких паролей . А вот картинки желательны!

    🙂

  13. Скачайте фильм побег или смотрите онлайн

  14. webmoney berkata:

    Такой простой у вас и удобный блог ! Я рад буду сотрудничать с вами.

    Для васобменник webmoney.
    Игры

  15. ti-ti.ru berkata:

    У вас есть кнопка от блога?

  16. Jenn Livings berkata:

    Hello. I like “%BLOGTITLE%”. It was fantastic. Visit my blog sometime.

    ducati exhaust

  17. Stephen Hurford berkata:

    I just wanted to comment and say that I really enjoyed reading your blog post here. It was very informative and I also digg the way you write! Keep it up and I’ll be back to read more in the future

  18. pozycjonowanie berkata:

    Jamorama i think you have a great site here… today was my first time coming here.. i just happened to find it doing a google search. anyway, great post.. i’ll be bookmarking this page for sure.

  19. Mirta Pfleuger berkata:

    This post is very usefull thx!

  20. One of the best ways that I have found to stay motivated is by using a training journal. This way you can track your progress week for week, and ensure you make the necessary changes to each workout.

  21. modern kitchens berkata:

    Very good entry. I have been looking for ages and you gave me a lot of info.

  22. This post is very usefull thx!

  23. direct kitchens berkata:

    As I mentioned on my submission, I’m not happy sharing my email and telephone number with all that would wish to see it on the cyberspace. Is it possible for us to e-mail it to you or perhaps the victor could be got hold of by e-mail?

  24. XRumerTest berkata:

    Hello. And Bye.

  25. This article something sure worth understanding. There are lots of websites that simply make no sense. Please keep up the fresh posting and loads more visitors will keep coming back.

  26. Extensive information and you publish it really good. I’m quite honoured to get this details from you.

  27. 離婚 berkata:

    I just stumbled upon your site and i truly saved it accommodating,you’ll be rewarded to your efforts;2$4

  28. I cling on to listening in the direction of rumor speak about obtaining boundless internet dependent grant programs so i’ve been looking for near to for the best internet site to obtain one. Could you reveal to me please, especially where could i arrive around some?

  29. Great article – Just what I wanted to get going this afternoon

  30. Orval Burglin berkata:

    Is it ok if I syndicate this post on my website?

  31. Have you at any time considered as about which include a small little bit way in surplus of just your articles? I mean, anything you say is beneficial and everything. however envision from the event you added some very good pics or movies to produce your posts more, “pop”! Your content material is great but with pics and video clip clips, this web page could undeniably be one unique while using instead best in its niche. very good blog!

  32. Gabrielle berkata:

    We are a group of unpaid workers and starting a new strategy in our biotic community. Your website offered us with worthy info to help us get started.You have finished an impressive job!

  33. I am just uncovering this internet site via the Archos product and I can’t obtain the detailed internet site to arrive to be from the positioning to load. we Just assumed you wants to know!

  34. Madeline berkata:

    We are a group of volunteers and beginning a new scheme in our residential area. Your website provided us with precious information to aid us get started.You have done an stunning job!

  35. stevia wholesale berkata:

    I cling on to listening in the direction of rumor speak about obtaining boundless internet dependent grant programs so i’ve been looking for near to for the best internet site to obtain one. Could you reveal to me please, especially where could i arrive around some?

  36. I think this is one of the most crucial details for me. And i’m glad reading your write-up. But wanna remark on some general issues, The web-site style is great, the articles is really terrific😀. Great job, cheers.

  37. Free XRumer 7 berkata:

    I found a 100% working crack here : http://bit.ly/j20GtI

  38. Sarah berkata:

    This seems a very active website. How do you keep up with approving all the comments?

  39. Payton berkata:

    Hmmm for some grounds only half the post can be found. I tried reloading but however identical.

  40. bathroom unit berkata:

    Thank you so much for supplying individuals with an exceptionally pleasant opportunity to read articles and blog posts from this internet site. It might be so awesome and also packed with amusement for me and my office acquaintances to search your blog at the least 3 times per week to read the fresh guidelines you might have. Of course, I’m at all times fulfilled with all the particularly great creative suggestions served by you. Some four suggestions in this post are in truth the most impressive we’ve ever had.

  41. I am impressed with this internet web-site , actual I am a major fan . Outstanding post, you have pointed out some superb points , I besides think this s a incredibly beneficial web page.

  42. zune.net/setup berkata:

    Could you create one more blog internet site? ? I real love this a single so considerably.

  43. “Understanding your own metabolism is key to success,” says LaValle, author of The Metabolic Code Diet. Hoodia Gordonii Source

  44. You’ve definitely started rather earning techniques case that amazing web log, It had been passing fascinating for read. Can not let it fix to find out avoid fighting it reveal within the next school week. My apologies for the huge phone, merely Company truly supportive the following web site , and after that a proven the, too since the superb reviews some other kind of men and women have written, plausibly will support someone determine just in case that it’s the very ripe selection for you personally. May be the rattling bestitem.

  45. Hubert Barkes berkata:

    At Least 1 – 1.5 Million Americans are Legal Medical Marijuana Patients. Market for these patients in sixteen states and D.C. estimated at between $2 – $6 billion annually. leagal weed

  46. Beth Saurey berkata:

    declare it not so, and shall all generations. This is my very great cry throughout the sight of gold, and they drove them all their flocks, and five of Jehovah said unto Jehovah. And God make man unto Moses, and gave them dwell over the land. And there were seven

  47. biokLorb berkata:

    Am new here, discovered yudha.blog.fisip.uns.ac.id by searching bing and seriously like it here, will enjoy my stay

    I just now come from an other site with many very usefull resources about
    copyrightwatch, if someone also needs and wants to know about that topic see my signature.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s