TUGAS KOMPOSISI BAHASA INDONESIA

DATA DIRI

Perkenalkan, nama saya Yudha. Nama panjang saya Yudha. Panggilan saya juga Yudha. Nama yang singkat, padat, dan jelas untuk diingat. Nama Yudha adalah pemberian dari Ayah saya yang berarti dalam bahasa Inggris “War”, dan dalam bahasa Indonesia berarti “Perang”. Maksudnya, berperang melawan kemiskinan yang sedang dialami kedua orang tua saya waktu itu. Setelah saya lahir di Wonogiri 05 Maret 1991, hari Selasa (kliwon) pukul 18.18 WIB, ternyata nama Yudha menjadi keberuntungan kedua orang tua saya. Beberapa bulan kemudian, Ibu saya menjadi Guru Sekolah Dasar menyusul Ayah yang sudah menjadi Guru Sekolah Dasar waktu itu. Cerita ini saya dapat dari Ibu saya waktu masih Sekolah Dasar, tepatnya waktu duduk di kelas 5 Sekolah Dasar.

Saya adalah anak kedua dari dua bersaudara. Keluarga kami menerapkan KB (Keluarga Berencana), 2 atau 3 anak lebih baik. Kakak yang terpaut 6 tahun dari usia saya adalah saudara saya satu – satunya. Ayah saya bernama Sukiya, Beliau lahir di Wonogiri, 04 April 1960. Ia sudah mengajar siswa Sekolah Dasar selama kurang lebih 20 tahun. Sekarang Beliau mengajar di SD Negeri Waleng 1, Girimarto. Ayah saya menjadi kepala keluarga yang disiplin. Setiap hari Ia mengajarkan tentang kedisiplinan dalam segala hal, baik  itu waktu, berpakain, dan sopan santun. Sedangkan Ibu saya bernama Dwi Yuli Karyawati, Beliau lahir di Yogyakarta, 04 Juli 1963. Beliau mempunyai profesi yang sama dengan Ayah saya, yaitu menjadi Guru Sekolah Dasar. Sekarang beliau sibuk mengajar di SD Negeri 2 Waleng, Girimarto. Dalam kesehariannya, Beliau memiliki sifat yang hampir sama dengan Ayah saya, yakni disiplin. Walaupun Beliau memiliki sifat yang disiplin dan tegas, tetapi beliau mempunyai hati yang lembut dan penuh kasih sayang terhadap anak – anaknya. Dan saudara satu – satunya yang saya miliki yaitu kakak, bernama Iwan. Namanya juga singkat seperti saya, cukup Iwan. Ia lahir juga di Wonogiri, 10 Desember 1985. Setelah menyelesaikan kuliahnya di UNS FKIP jurusan Pendidikan Jasmani tahun 2007, beberapa bulan kemudian ia menjadi Guru Sekolah Dasar di Purwantoro, tepatnya di SD Negeri 1 Purwantoro. Kakak saya mengajar sebagai guru pendidikan jasmani di sekolah itu. Dalam kesehariannya, saya sering berkelahi dengan dia, tetapi berkelahi hanya sekedar bercanda. Saya sebenarnya juga bangga menjadi saudaranya. Tempat tinggal kami sekarang ada di desa Sanggrong RT: 01 RW: V, Mlokowetan, Nadirojo, Wonogiri. Dalam satu rumah terdapat 4 anggota keluarga, yaitu Ayah, Ibu, Kakak, dan saya tentunya. Saya bahagia tinggal di desa, orang – orangnya sangat ramah, sopan, dan baik.

Saya juga mempunyai riwayat pendidikan, mulai dari Taman Kanak – kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan yang terakhir Perguruan Tinggi. Pertama, saya belajar 1 tahun di TK Dharma Wanita Mlokowetan 2. Waktu saya belajar di sekolah ini, saya mendapat Penghargaan dari Presiden Soeharto dalam lomba mewarnai tingkat TK se-Indonesia. Sebenarnya, saya baru tahu mendapat penghargaan dari Presiden waktu duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 3, karena waktu TK, dan SD kelas 1, 2 saya belum begitu paham tentang Piagam Penghargaan. Sekolah kedua saya juga tidak begitu jauh dari sekolah pertama saya. Tepatnya di SD Negeri 3 Mlokowetan. Saat Sekolah Dasar saya mendapatkan peringkat 1 sebanyak 5 kali. 1 kali gagal mendapatkan peringkat 1 waktu di kelas 4. Saya hanya mendapatkan peringkat ke dua waktu itu. Sekolah saya yang ketiga ada di SMP Negeri 2 Ngadirojo. Disana saya mulai aktif mengikuti kegiatan extrakurikuler, yakni Pramuka dan PMR. Saat saya ditunjuk mewakili sekolah untuk mengikuti lomba melukis se-SMP Wonogiri, saya menerimanya walaupun terpaksa karena saat SMP sudah tidak suka dalam hal melukis. Akan tetapi, saya malah mendapatkan juara ke tiga. Tahun berikutnya, tepatnya saat saya sudah kelas 2 ditunjuk lagi untuk mengikuti lomba yang sama seperti tahun lalu. Dan juara yang sama juga saya dapatkan seperti tahun lalu. Saya tidak mengira bahwa saya mempunyai potensi atau bakat melukis. Namun, sampai saat ini menurut saya melukis adalah hal yang paling membosankan. Sekolah saya yang keempat yaitu SMA Negeri 2 Wonogiri jalan Nakula V Wonokarto, Wonogiri, yang sekarang sudah menjadi Sekolah Bertaraf Internasional.Jurusan saya waktu SMA adalah IPS.Saat SMA, saya mengikuti berbagai kegiatan extrakurikuler. Extrakurikuler yang saya ikuti waktu itu adalah Pramuka dan Hansek (Pertahanan Sekolah). Saat masih kelas 1, saya terpilih menjadi anggota OSIS, bidang Jasmani Dan Daya Kreasi. Ingatan yang paling mengerikan saat SMA adalah saat saya dan seluruh teman kelas dimarahi oleh guru bahasa Jerman. Kami semua dimarahi karena 2 teman kami merayakan ulang tahun dan kue ulang tahun mereka ditumpahkan ke wajah mereka berdua, sehingga suasana menjadi ramai, akhirnya guru bahasa Jerman kami datang, tanpa mengetuk pintu, beliau langsung menendang meja dan kursi serta mengatakan hal – hal yang kotor. Beliau memang sudah terkenal sangat disiplin di sekolah, tetapi saat mengajar bahasa Jerman materi yang diajarkan mudah untuk dipahami. Setelah kejadian itu kami semua meminta maaf, walaupun sudah dimaafkan namun saya tetap tidak bias melupakan kejadian tesebut. Akhirnya, Saya lulus dari SMA dan diterima di Universitas Negeri Sebelas Maret. Sebelum saya diterima di UNS,saya sudah mencoba mendaftar dan mengikuti beberapa tes di berbagai Universitas Negeri. Akhirnya, saya diterima di UNS lewat jalur swadana. Sekarang saya mengenyam pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Sosiologi, UNS. Saya sangat bersyukur dapat diterima di UNS, karena banyak juga teman – teman saya yang tidak dapat mengikuti jalur yang sama seperti saya di UNS.

Itulah sepenggal data diri saya dan keluarga. Untuk mengenal saya lebih lanjut, jadikan saya teman di facebook dengan kata kunci YudhaRed, “Y” dan “R” huruf kapital, tanpa sepasi. Saya juga mempunyai Blog yang berisi catatan, hiburan, dan materi tentang Sosiologi alamat Blog saya http://yudhassos.blogspot.com/. Sekian yang dapat saya sampaikan, jika dalam penuliasan ada suatu hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Terima Kasih.

Tentang kiopo

newbie blogger
Pos ini dipublikasikan di Bahasa Indonesia dan tag . Tandai permalink.

30 Balasan ke TUGAS KOMPOSISI BAHASA INDONESIA

  1. Josefine Ahrent berkata:

    i’d love to share this posting with the readers on my site. thanks for sharing!

  2. kitchen planning berkata:

    I need to say, a lot of these comments strike a real chord with me but many peoples responses seem to get a bit too angry if you don’t correspond with their opinions.

  3. bathroom showers berkata:

    hi-ya, I like all your posts, keep them coming.

  4. bathroom design berkata:

    I enjoyed looking at your post and I wanted to tell you that I completely agree with you. It is hard to find people that think similar these days. Keep it up

  5. I guess you hear and read this a lot: Thank you, thank you, thank you

  6. bathroom store berkata:

    Doing some surfing and noticed your site seems a bit messed up in my K-meleon internet web browser. But fortunately hardly anyone practices it any longer but you could require to search into it

  7. It’s fresh to see a proper debate online and not every one just agreeing with the writer for a change.

  8. vcdbgr berkata:

    htAI7V lbjrwviipaul, [url=http://tyvilqzyijyw.com/]tyvilqzyijyw[/url], [link=http://wqprzkzodser.com/]wqprzkzodser[/link], http://gtwrosgdriux.com/

  9. Good post you got here. It would be great to read something else more relating to this matter.

  10. b 12 berkata:

    Hi and many thanks for the comment you still left on my blog, i’ve also bookmarked your internet site and can return as i uncovered the data within your internet page just like a very good source to my very own pup regards Eddie

  11. some conditions its a ache from the ass to assessment what internet internet site proprietors authored but this internet internet site is really consumer genial !!

  12. Howdy friend – really value you taking the time to share this – its incessantly better to see someone really do it instead than simply reading it!

  13. Enoch Vojtko berkata:

    Hello, nice web log with great info. I truly like coming back here often. There is only 1 thing that riles me and that is the misfunctioning of remark posting. I normally get to 500 error message, and have to type the entry thrice.

  14. Hannah berkata:

    Very good entry. I have been looking for a while and you gave me a lot of information.

  15. stomach pain berkata:

    Yes, it is extremely simple to use anything at all on my site. a web site link to my internet internet site can be appreciated.

  16. Natalie berkata:

    This looks to be a very active website. How on earth do you manage to keep up with filtering out all the comments?

  17. dogs allergies berkata:

    Thanks just like a support to charming the metre to deliberate this, I be informed highly on heart-breaking it and lady-love erudition way more on this topic.

  18. I uncovered your web page via search motors even when looking for for the connected topic, your web page demonstrated up up. give many as a consequence of you for the fabulous blog. Amazingg skills! hold on man, you rock!

  19. Strange, your page shows up having a red hue to it, what color is the primary color on your internet site?

  20. career berkata:

    Strange, your page shows up with a red hue to it, what color is the primary color on your site?

  21. Autumn berkata:

    how many people are contributing to this blog?

  22. I found your site through Bing but you don’t seem appear in bing for some reason.

  23. Gabrielle berkata:

    Your article around home decoration is quite helpful

  24. Grace berkata:

    Resources like the one you observed here will be really functional to me! I will post a link to this page on my blog. I am for sure my visitors will find that very functional.

  25. bathrooms berkata:

    Decide if you ever wish to use bold colors on the walls or maintain them neutral and use color as an accent. In most bathrooms you may go either way. If you’re renting your house or aren’t sure about putting a great deal of color on the walls, stick having a neutral shade and you will not go wrong. Use a washable paint like eggshell or possibly a semi gloss, even though you might get very a bit of sheen with that finish.

  26. bathroom storage berkata:

    It’s the best time to create some plans for the future and it can be time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you couple of intriguing points or suggestions. Maybe you could write next articles referring to this write-up. I wish to read even even more points about it!

  27. Vintønder berkata:

    I am not very excellent with English but I find this really easygoing to read .

Tinggalkan Balasan

